SMAN Arjasa Turut Memeriahkan HUT RI Ke 77

JEMBER, MN Cakrawala-Kegiatan acara penyelenggaraan Karnaval dikecamatan Arjasa. kabupaten Jember. Jawa Timur. dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77 pada hari rabu, tanggal 10 agustus 2022, berlangsung meriah dan berjalan kondusip.

Karnaval yang berlangsung meriah tersebut diikuti oleh peserta mulai dari pelajar tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau sederajat dan elemen masyarakat yang ada di kecamatan Arjasa, karnaval tersebut dilepas langsung oleh Camat Arjasa, Ir. Herwan Agus Darmanto, bersama Unsur Muspika Arjasa.

Menurut Kepala Sekolah SMAN Arjasa, Widi Wasito, S.Pd.,M.Pd. jadi karnaval ini, Alhamdulillah pada tahun 2022 ini kita berhasil memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 yang notabene pada dua tiga tahun kemarin kita tidak bisa karena adanya pandemi.

Adapun peringatan ulang tahun kemerdekaan pada saat ini, dalam bentuk karnaval nah harapannya dengan karnaval ini menggugah kembali semangat anak-anak rasa nasionalisme.Jadi anak-anak sekarang ini kan tidak ikut berjuang ya untuk kemerdekaan tapi, paling tidak nilai-nilai kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan bisa diperingati adalah bentuk yang lain yaitu, pakai pakaian adat, pakai kesenian- kesenian tradisional, dan sebagainya.
harapannya, kembali rasa nasionalisme digugah kembali untuk anak-anak, ujar Widi.

Widi, menambahkan jadi Indonesia itu kan terdiri dari berbagai macam suku ras agama harapannya dengan berbagai macam pakaian adat yang digunakan oleh anak-anak ini kan menunjukkan rasa “Bhinneka Tunggal Ika” di Indonesia ini kembali tercermin dengan berbagai macam pakaian adat nah kebetulan kebetulan sekolah kita SMA Negeri Arjasa ini kan ditunjuk sebagai pelaksana sekolah penggerak di dalam sekolah penggerak ini menggunakan kurikulum Merdeka namanya kurikulum merdeka di sana ada yang namanya profil pelajar Pancasila ada 6 macam profil pelajar Pancasila salah satunya adalah kebhinekaan Global jadi ini harapannya dengan berbagai macam pakaian adat adat Jawa, ada Madura, ada Sunda, ada Bali,dan sebagainya. ini menunjukkan bahwa kebhinekaan ter cermin, Pungkas Kepala Sekolah SMAN Arjasa.

( Agus )

error: