PLN Gandeng IWO Sumut, Gelar Pelatihan Jurnalistik di Kampus LP3I

Medan,MNCakrawala-Konsistensi PT PLN (Persero) lewat program PLN Peduli dalam mendukung pendidikan anak bangsa yang menjadi salah satu fokus pemerintah, terus berlanjut.

Hal itu pula yang dilakukan PLN UIP Sumbagut lewat Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Menggandeng Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Sumatera Utara (PW IWO Sumut), PLN kembali menggelar kegiatan bertajuk ‘Program Pelatihan dan Pembekalan Jurnalistik bagi Mahasiswa Tahap Akhir’ yang digelar di Kampus LP3I, Jalan Sei Serayu, Medan pada 1-2 Agustus 2022.

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha yang diwakili MSB Perizinan dan Komunikasi Bayu Wisatrioda dalam pembukaan kegiatan mengatakan semoga program PLN ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan berdampak positif bagi masa depan.

“Semoga dari pelatihan ini ada feed back bagi para mahasiswa yang menjadi peserta, sehingga bisa menjadi motivasi dalam menstimulan usai menamatkan kuliah nanti,” ucapnya saat membuka kegiatan, Senin (1/8/2022).

Di samping itu Bayu juga berpesan agar dengan pelatihan ini, wawasan para peserta bisa semakin terbuka dan tentunya tetap mematuhi segala aturan di era digital ini.

“Ingat, di dunia yang serba online ini, semua orang tetap diikat dengan aturan hukum khususnya UU ITE. Artinya tetap berbuat positif dengan pengalaman yang kalian peroleh,” ucapnya.

Menimpali hal itu, Direktur LP3I Medan Ruri Aditya Sari, M.Sc menyambut senang dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PLN UIP Sumbagut bersama IWO Sumut yang menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik di kampus tersebut.

“Tentu saya menilai kegiatan seperti ini sangat bagus. Karena dari kegiatan ini, mahasuswa bisa mendapat skill tambahan. Apalagi memahami jurnalistik juga menjadi satu keharusan saat ini,” ucapnya.

Ruri juga mengatakan, seharusnya semua orang, khususnya mahasiswa memahami tentang dasar jurnalistik supaya bisa memahami tata cara, aturan dan menambah kreativitas.

“Minimal bagi mahasiswa yang hobi menggunakan media sosial, dengan pelatihan bisa paham dalam membuat sebuah postingan atau konten sehingga menjadi lebih bagus. Juga sekalian bisa membantu mengenalkan tentang skill mereka ke publik melalui karya-karya tulisan,” tandasnya.

Sementara, Ketua PW IWO Sumut Yudhistira menjelaskan bahwa LP3I merupakan kampus ketiga yang dipilih menjadi lokasi pelatihan jurnalistik lewat program PLN Peduli.

“Alhamdulillah, agenda tahunan IWO Sumut kembali mendapat support PLN UIP Sumbagut sehingga di tahun ini bisa kembali digelar setelah sebelumnya kita menggelar kegiatan serupa pada tahun lalu di kampus UISU dan Dharmawangsa Medan dan pelatihan jurnalistik di Deliserdang,” urainya.

Lewat kegiatan ini, Yudis juga berharap nantinya lewat pelatihan ini muncul bibit-bibit baru jurnalis di masa depan yang lebih mumpuni.

“Manfaatkan momen ini. Minimal kegiatan ini bisa merangsang mahasiswa bagi yang memiliki bakat menulis atau pun bercita-cita menjadi jurnalis,” tukasnya.

*Materi*

Program Pelatihan dan Pembekalan Jurnalistik bagi Mahasiswa Tahap Akhir ini digelar selama 2 hari dengan menghadirkan 4 orang pemateri.

Rizaldy Khair, MKom membawakan materi pembuatan WebBlog, Ika Rahmadadi Lubis, MPd membawa materi media sosial, Yudhistira menyampaikan materi memaksimalkan smartphone dalam menghasilkan foto jurnalistik dan Amri Abdi membawakan materi teknik dasar penulisan.

Sepanjang kegiatan, para peserta tampak antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang silih berganti bertanya.

“Sangat menarik acara pelatihan ini, apalagi para pemateri menyampaikan materi sangat baik dan mudah dipahami. Kami ucapkan terima kasih kepada PLN dan IWO Sumut yang memilih LP3I dalam kegiatan ini sehingga kami bisa tau apa itu jurnalistik dan apa yang harus kami buat jika ingin terjun ke dunia ini,” tutur Melisyah, mahasiswa LP3I yang menjadi peserta kegiatan, Selasa (2/8/2022).

Pada penutupan kegiatan, Wakil Direktur LP3I Medan Iswandi Idris, ST, MT turut mengucapkan terima kasih kepada PLN UIP Sumbagut dan IWO Sumut yang telah menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik.

“Bagi LP3I ini pelajaran baru. Meski tidak ada prodi, tapi mengingat saat ini teknologi serba digitalisasi, tentu pelatihan sangat berkaitan dengan dunia IT. Kami berharap kerjasama seperti ini bisa terus berlanjut,” harapnya.

Sebagai puncak kegiatan, usai penyerahan hadiah bagi pemenang lomba foto smartphone dan lomba menulis berita, kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat yang dilakukan Ketua PW IWO Sumut Yudhistira kepada Wakil Direktur LP3I Medan Iswandi Idris, ST, MT yang mewakili pihak kampus. *(Rizky Zulianda)*

error: