Kasi H.M.Khatib, Apresiasi SMAN Mumbulsari Yang Sudah Siap Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Jember, MN Cakrawala – P. Kasi H. M. Khatib, mengucapkan terimakasih dan Apresiasi kepada
SMAN Mumbulsari ini, luar biasa, Benar benar sudah siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Dan lebih dari itu pertemuan hari ini menunjukkan kekompakan.

Pendidikan berkualitas merupakan keniscayaan bagi terciptanya anak bangsa yang cerdas dan berkarakter, yang menjadi tumpuan kemajuan Indonesia di masa depan. Kualitas tersebut tidak terlepas dari fungsi dan peran para pendidik serta tenaga kependidikan yang merupakan ujung tombak sektor pendidikan di Tanah Air, khususnya SMAN Mumbulsari, ujarnya.Rabu 19/07/2022.

SMAN Mumbulsari, Dalam rangka menyongsong pelaksanaan kurikulum merdeka, bertempat di Aula SMAN Mumbulsari,Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember,Jawa Timur,Selasa,19 Juli 2022, dilaksanakan kegiatan Persiapan akhir Implementasi kurikulum merdeka (IKM). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mempersiapkan dengan baik dalam rangka implementasi kurikulum merdeka, yang direncanakan oleh pemerintah melalui kementrian pendidikan, kebudayaan, Ristek dan teknologi.(Kemendikbud Ristek) Untuk di SMAN Mumbulsari, implementasi kurikulum merdeka (IKM) akan dilaksanakan mulai tahun ajaran baru 2022/2023.

Kegiatan persiapan pelaksanaan akhir Implementasi kurikulum merdeka,dihadiri oleh, Drs. Wahid Lestiyono,MM.Kepala Sekolah SMAN Mumbulsari, Kasi, H.M.Khatib, serta seluruh dewan guru SMAN Mumbulsari.

Sementara, Kepala SMAN Mumbulsari, Drs.Wahid Lestiyono, MM.didepan awak media saat ditemui di kantornya menyampaikan, bahwa SMAN Mumbulsari, siap menyambut program pemerintah ini, dan siap melaksanakan kurikulum merdeka.intinya Kurikulum terbaru tersebut memiliki perbedaan mendasar ketimbang kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia. Paling kentara, Kurikulum Merdeka tidak lagi menyertakan kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Hal itu berarti, guru dan murid tidak lagi terbelenggu pada nilai agar bisa mencapai KKM. Sebagai gantinya, guru diberi keleluasaan dalam menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran pada peserta didik.

Perubahan terlebih lagi memang di bidang pendidikan saat ini, kurikulum merdeka, sedang viral-viralnya.Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang selama ini memang mengalami learning loss kendala yang disebabkan pandemi.

Lebih lanjut Wahid, mengatakan,oleh karena itu, dengan adanya kurikulum merdeka ini,pihaknya mempersiapkan diri baik dari sisi kesiapan belajar, kesiapan pendukung, maupun secara moral, akan berupaya untuk mendukung hal ini untuk kepentingan pendidikan yang lebih baik. Kegiatan persiapan akhir Implementasi kurikulum merdeka, ini pun sesungguhnya merupakan persiapan awal untuk mengenal kurikulum itu sendiri dan untuk mempersiapkan pelaksanaanya di kelas-kelas nantinya, pungkasnya Wahid Lestiyono, Kepala Sekolah SMAN Mumbulsari.

( Agus)

error: