Kapolres Pasuruan Bersilaturahmi Kepada Tokoh Agama untuk meningkatkan senergitas Di Kabupaten Pasuruan

PASURUAN,MN CAKRAWALA– Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. melaksanakan sambang kepada para tokoh agama di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi, sekaligus menjalin kerjasama dengan para tokoh agama dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Pasuruan, Senin (18/07/2022).

 

Hari ini Tokoh Agama yang dikunjungi oleh AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. adalah Ketua MUI Kabupaten Pasuruan K.H. Nurul Huda Muhammad dilanjutkan menuju Pengurus Ponpes Putri KHA. Wahid Hasyim – Bangil Gus Wildan selaku Ketua Nawakartika Kab. Pasuruan, dan K.H. Nurcholis Mustari (Ketua Aswaja Bangil ).

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres Pasuruan didampingi oleh Kasat Intelkam Iptu Warji’in, dan Kasat Binmas AKP Mastuki, S.H., dan Kasie Propam Polres Pasuruan Iptu Khojin.

Dalam pertemuan dengan Ketua MUI, Haji Nurul Huda juga bercerita tentang adanya beberapa kejadian di wilayah hukum Kabupaten Pasuruan diantaranya yaitu kejadian yang Viral tentang munculnya ajaran agama Islam yang menyimpang dari Syariat, selain itu juga masih adanya masalah tentang penyalahgunaan Narkoba di wilayah Kab. Pasuruan, hal ini perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak Kepolisian dan TNI serta Kejaksaan, dan saya harap hal itu perlu adanya perhatian khusus,” terang K.H. Nurul Huda Muhammad.

Di samping itu AKBP Bayu juga meminta doa dan dukungan dari Ketua MUI terkait penanganan hukum dan Harkamtibmas agar situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Pasuruan tetap kondusif, dan dia menjelaskan bahwa Kepolisian akan selalu siap dan mendukung MUI dalam rangka menindak lanjuti penanganan Narkoba dan ajaran Islam yg menyimpang dari syari’at di Kab.Pasuruan.

“Polres Pasuruan melalui Kasat Binmas sudah melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah terkait dengan bahaya penyalahgunaan Narkoba dan saya selaku Kapolres Pasuruan bersedia turun langsung untuk melakukan sosialisasi di lokasi yang rawan terhadap penyalahgunaan Narkoba,” jelas Kapolres Pasuruan.

Selanjutnya Kapolres Pasuruan beserta rombongan menuju Ponpes Putri Wahid Hasyim – Bangil, setibanya di lokasi pondok Wahid Hasyim, Kapolres beserta rombongan disambut dengan hangat oleh Gus Wildan selaku Ketua Nawakartika Kab. Pasuruan.

Kapolres Pasuruan menyampaikan rasa terimakasih kepada Jajaran Nawakartika Kab. Pasuruan yang telah menerima rombongannya dalam kesempatan Silaturahmi tersebut.

“Tujuan kami kali ini ingin memperkenalkan diri sebagai Pejabat Kapolres Pasuruan yang baru, dan saya mohon bimbingan dan sharing informasi yang sesuai dengan tupoksi kami di Institusi Polri,” ujarnya.

Gus Wildan mengatakan dari segi individu pengurus Nawakartika memang senang untuk bergurau, Namun untuk membantu tugas Polri dalam hal Harkamtibmas dia bersama anggota Nawakartika selalu menanggapi dengan serius dan seksama.

“Setiap Kapolres Pasuruan yang bertugas disini merupakan ajang untuk belajar menuju Karier berikutnya, Mudah-mudahan Kapolres Pasuruan kuat dan kerasan di Kab. Pasuruan untuk menjaga Harkamtibmas,” sahut Gus Wildan.

“Dinamika masyarakat wilayah Timur dan Barat Kab. Pasuruan sangat berbeda, mengingat di wilayah Timur lebih cenderung dengan gerakan yang di Dominan dan dapat dikendalikan oleh Tokoh Agama, tetapi di wilayah Barat cenderung pada Individualisme,” pungkasnya.

Terakhir Kapolres Pasuruan beserta rombongan menuju kediaman K.H. Nurcholis Mustari (Ketua Aswaja Bangil). Sesampainya di kediaman Ketua Aswaja Bangil, KH.Nurkholis menyambut dan menyempatkan waktunya untuk menerima kedatangan Kapolres Pasuruan beserta rombongan.

“Saya AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. meminta doa restunya semoga dalam melaksanakan tugas di Wilayah Kab. Pasuruan tetap aman terkendali,” ucap Kapolres.

K.H. Nurcholis Mustari merasa senang karena kedatangan tamu terhormat yakni Kapolres Pasuruan, dia sebagai Ketua Aswaja Bangil akan selalu mendukung tugas Polri dalam hal Harkamtibmas.

“Saya mengharapkan agar dalam melaksanakan tugas sebagai Kapolres Pasuruan tetap istiqomah dalam berdoa dan bersholawat, agar selalu diberkahi dan mendapat ridho dari Allah SWT dalam menjalankan tugasnya di wilayah Kab. Pasuruan, khususnya di sekitar Kec. Bangil,” tutupnya.

(aly)

error: