Pertengahan Ramadan, Himpun 2.305 Kantong Darah, Tolak 1.077 Relawan Pendonor

JEMBER, MN Cakrawala –Hingga pertengahan Ramadhan, tepatnya 18 hari puasa Ramadan, Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember berhasil menghimpun 2.305 kantong darah. Sayangnya, 1.077 relawan pendonor yang hendak donor ditolak karena tidak lolos screening oleh dokter PMI Kabupaten Jember.

Berdasarkan catatan UDD PMI Kabupaten Jember, sejak 1 April hingga 18 April UDD PMI Kabupaten Jember telah menyelanggarakan kegiatan donor darah Safari Ramadan pada malam hari. Kegiatan Safari Ramadan digelar dengan donor darah menetap dilakukan di depan masjid Jami’ Al Baitul Amin. Sedangkan tim mobil unit (MU) UDD PMI keliling ke masjid dan kantor kecamatan atau kelurahan di berbagai wilayah di Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kegiatan donor darah pada siang hari tetap diselenggarakan di UDD PMI Jl Srikoyo, di Gerai Donor di Markas PMI Jl Jawa dan Gerai Donor di Klinik Pratama PMI Jubung. Di ketiga tempat tersebut tiap hari masih berhasil menghimpun darah. meskipun jumlahnya menurun drastis dibandingkan kondisi normal.

“Alhamdulillah sampai pertengahan puasa Ramadan sudah tembus angka 2.305 kantong darah. itu memang masih jauh dari target 5.000 kantong darah kami harap pada sisa Ramadan bisa terpenuhi,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. Pasalnya, sambungnya, jumlah pendonor pada malam hari, baik di depan masjid Al Baitul Amien maupun di MU yang keliling kecamatan jumlahnya ada kecendrungan naik.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki optimis perolehan darah yang mencapai 2.305 sampai pertengahan Ramadan bisa memenuhi kebutuhan darah sejumlah rumah sakit di Jember. Termasuk menjadi stok saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang berlangsung cukup lama, sekitar 10 hari.
Sumber : Humas PMI Jember
Wartawan : Agus

Pos terkait