TNI Kodim 0819 Pasuruan Adalah Figur Prajurit Yang Merakyat

  • Whatsapp

PASURUAN,MN CAKRAWALA – Kalau dilihat dari sejarah perjuangan lahir dan besarnya TNI (Tentara Nasional Indonesia) tidak dapat dipungkiri memang TNI lahir dari rakyat dan juga dibesarkan oleh rakyat, jadi logikanya TNI adalah pengabdi untuk rakyat yang harus dilindungi.

Dengan dasar diatas, wujud nyata sikap TNI dilapangan dalam hal ini peran para Babinsa yang kesehariannya berkecimpung diwilayah binaan tentu harus terdepan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat disekelilingnya sesuai di sumpahnya yang tertulis di 8 Wajib TNI poin ke 8. (Selasa, 23/11/2021).

Bacaan Lainnya

Respon sigap tersebut nyata dilakukan oleh anggota Babinsa Koramil 0819/19 Prigen selaku Danramil Kapten INF. Nicolas J.I.M. saat terjadi bencana alam dikarenakan hujan lebat pada Senin, 22 sekira pada pukul 15.45 waktu setempat, sehingga mengakibatkan seperempat jalan longsor dengan panjang ± 5 meter dan pipa saluran air minum warga terputus.

Lokasi bencana alam jalan longsor tersebut di lingkungan Genengsari RW.06 Kelurahan Pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur. Pada pagi ini, dengan kegotongroyongan antara TNI yaitu para Babinsa Koramil 0819/19 Prigen dan masyarakat nampak terlihat dalam pelaksanaan kerja bakti mengatasi akibat jalan longsor tersebut.

Sesuai perintah Dandim 0819 Pasuruan Letkol INF. Nyarman, M. Tr. (Han) dalam penyampaian serta penekanannya melalui Perwira jajaran yakni Danramil beserta para Babinsa supaya terus siaga memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi pada kesempatan pertama.

Dan seketika terjadi bencana alam, Dandim 0819 Pasuruan juga berharap Koramil jajaran segera melaporkan serta secepatnya mengambil tindakan, langkah-langkah dengan berkoordinasi bersama aparat desa, serta elemen masyarakat diwilayah yang terjadi bencana alam baik itu tanah longsor, banjir atau kejadian lainnya, mengingat saat ini musim penghujan.

Menurut laporan Danramil 0819/19 Prigen yaitu Kapten INF. Nicolas, J.I.M., bahwa lokasi jalan longsor adalah dilingkungan pemukiman yang padat penduduk dan dikhawatirkan bila terjadi hujan lagi dengan intensitas tinggi maka dapat mengakibatkan longsor susulan dan tentunya akan menimpa rumah penduduk warga binaan.

Sampai dengan rilis ini dipublikasikan oleh Penerangan Kodim (Pendim) 0819 pelaksanaan kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh para TNI yaitu Babinsa Koramil 0819/19 Prigen bersama dengan masyarakat setempat serta instansi terkait masih berlangsung.(yah) Share this page to Telegram

Pos terkait