Sinergitas Pemantauan Vaksinasi Aztra Zeneca Oleh Tiga Pilar Kecamatan Gempol

  • Whatsapp

PASURUAN,MN CAKRAWALA – Satgas Penanganan Covid-19 kembali menegaskan kepada masyarakat, bahwa fungsi vaksin Covid-19 untuk mencegah penularan, ataupun untuk mencegah seseorang yang sudah tertular agar tidak mengalami gejala yang buruk akibat terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bahkan untuk menjamin keamanannya, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) telah melakukan uji keamanan dan mutu sebelum vaksin diberikan kepada masyarakat. Pada kesempatan kali ini, Minggu, 21 November 2021, nampak terlihat sinergitas tiga pilar Forpimka Gempol dalam pemantauan pelaksanaan kegiatan kolaborasi serbuan vaksinasi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

Bacaan Lainnya

Kegiatan Vaksinasi Covid-19, dengan jenis Astra Zeneca berlangsung di PT JAI yang berlokasi di Desa Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Kegiatan tersebut dihadiri lebih kurang 3.000 orang peserta vaksin dan dimulai pelaksanaan vaksinasi pada pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai.

Danramil 0819/20 Gempol Kapten INF. Edi Suryanto yang nampak terlihat dilokasi memberikan himbauan serta meyakinkan bahwa terkait uji mutu, Badan POM telah menerbitkan laporan pengujian vaksin Covid-19 jenis Astra Zaneca dengan nomor batch CTMAV547. Dengan hasil kesimpulan, toksisitas abnormal dan sterilitas batch tersebut memenuhi syarat serta mutu dan aman untuk digunakan.

“Danramil 0819/20 Gempol juga berharap hasil temuan ini dapat diterima oleh kalangan semua elemen masyarakat dan program kolaborasi serbuan vaksinasi dapat terus berjalan sebagaimana mestinya,” pinta Kapten Edi Suryanto.

Pelibatan personil pengamanan serta pemantauan pelaksanaan vaksinasi yaitu; Dpp Danramil 0819/20 Kapten INF. Edi Suryanto bersama dengan anggota Babinsa Serda M. Taufiq dan dengan 2 personil BKO dari Batalyon 527, sebanyak 2 personil Bhabinkamtibmas dari Polsek Gempol Dpp Aiptu Didi Hari U dan 2 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Adapun tenaga vaksinator atau pihak tim medis dihadirkan dari PKM Gempol Kabupaten Pasuruan sebanyak 45 orang. Hadir pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi Aztra Zeneca diantaranya; Bapak Mulyohadi, SH., MM., (Pj Kades Gempol beserta perangkat Desa Gempol), Dr Helly (Kepala Puskesmas Gempol).

Mekanisme rangkaian jalannya pelaksanaan kolaborasi serbuan vaksinasi secara serentak tersebut dengan penerapan serta pengawasan protokol kesehatan secara ketat. Rangkaian kegiatan diawali dengan para peserta melaksanakan pengisian absensi kehadiran, dilanjutkan pemerintah tensi oleh tim medis, selanjutnya peserta vaksin melakukan screning.

Setelah pelaksanaan screning peserta vaksin antri berganti menunggu giliran penyuntikan vaksinasi Covid-19 jenis Aztra Zeneca. Selesai vaksin dilakukan observasi ditempat yang sudah ditentukan sembari menunggu sertifikat vaksin selesai. Sampai dengan saat ini, kegiatan kolaborasi vaksinasi yang bertempat di PT JAI di Desa Gempol Kecamatan Gempol masih berlangsung dengan lancar tertib dan aman.
(Yahya) Share this page to Telegram

Pos terkait