Normalisasi Sungai Cegah Banjir

  • Whatsapp

Lumajang,mediacakrawala.net-Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab debit air melimpah dan meluber. Hal ini tentu menjadi suatu persoalan yang serius di tanggapi guna menghindari terjadinya bencana banjir akibat dari luapan aliran air sungai tersebut.

Seperti yang di lakukan oleh Kepala Desa Besuk (Supatno) Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, beliau bersama dengan dinas Sumber Daya Air Kabupaten Lumajang melaksanakan giat normalisasi sungai yang dangkal akibat dari lumpur dan sampah yang mengendap di sepanjang aliran sungai, senin 15 Nopember 2021.

Kegiatan normalilsasi menggunakan alat berat untuk mengangkat endapan lumpur, pasir dan kotoran lainnya dari aliran sungai. Kades bersama warga di dampingi petugas dari dinas terkait turut serta dalam giat nomalisasi.

“Sebelumnya sungai ini meluber ke jalan dan kesisi kanan kiri sungai karena tidak mampu menampung debit air saat hujan lebat seperti ini”, ujar pak Kades kepada awak mediacakrawala.net.

Masih menurut kades, beliau berharap kepada dinas terkait untuk melakukan normalisasi di aliran sungai yang kemungkinan akan meluap jika curah hujan tinggi, beliau juga berharap agar masyarakat sekitar turut serta dalam kegiatan penanggulangan luapan air sungai dengan cara tidak membuag sampah atau apapun yang dapat mendangkalkan sungai dan menghambat aliran air.

(Muksin Alatas / Moestar Hadi)

Share this page to Telegram

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *