Kurangi Volume Sampah Organik Dengan Budidaya Ulat Maggot

  • Whatsapp

Sidoarjo,MN Cakrawala– Sampah rumah Tangga sampai saat ini masih menjadi permasalahan serius yang harus ditangani lebih ektra agar timbunannya semakin berkurang baik itu di lakukan pemilahan, pemanfaatan pembuatan pupuk organik atau di manfaatkan jadi barang berharga lainya.

Agar permasalahan sampah mempunyai nilai ekonomis KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Sewu Barokah Desa Penatarsewu kecamatan Tanggulangin melalui binaan PT Pertamina Gas Persero dalam mengurangi volume sampah jenis organik dengan cara budidaya ulat Manggot dari BSF (Black Soldier Fly).
Rumah Maggot binaan pertamina yang di kelolah oleh Mustahid ini selain memanfaatkan sampah rumah tangga juga memanfaatkan sisa sampah perut ikan dari hasil produksi ikan asap, karena desa penatarsewu merupakan desa penghasil ikan asap.

Saat awak media meminta keterangan kepada mustahid selaku penggelolah maggot mengatakan” Untuk mengolah sampah organik ini, selain dengan pengomposan ada upaya lain yang bisa dilakukan yaitu dengan budidaya maggot dari lalat BSF (Black Soldier Fly), dengan cara ilmiah inilah sampah organik bisa dikurangi dengan waktu relatif cepat tanpa menghasilkan pencemaran namun memiliki nilai ekonomi” Ujarnya. Senin (8/11/2021).

Saya menekuni usaha ini sejak dua tahun yang lalu dan alhamdulillah sampai sekarang tetap bertahan dan semakin meningkat, dan saya optimis dengan ketekunan saya KSM Sewu barokah yang saya ketuai ini bisa berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan desa dari bisnis yang saya kelolah” tutup Mustahit.(Ubaid)

Share this page to Telegram

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *