Tim Penilai Lomba Binter Tingkat Pusat, Kunjungi Kodim 1803/Fakfak

  • Whatsapp

FAKFAK,Media Nasional Cakrawala-Kodim 1803/Fakfak menjadi salah satu Kodim yang disiapkan Kodam XVII/ Kasuari untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat pusat.

Hal tersebut terlihat saat Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Doddy Yudha S.I.P.,M.Tr (Han)menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat di Makodim 1803/Fakfak jalan Muhammad Yamin,Kabupaten Fakfak,Provinsi Papua Barat,Kamis (7/10/2021).

Kedatangannya tim tersebut dalam rangka Lomba Binter Satkowil tingkat Pusat dengan maksud untuk mengungkapkan sejauh mana pelaksanaan program kerja TNI-AD Bidang Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan.

Dalam kesempatannya Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Doddy Yudha S.I.P,. M.Tr (Han) menyampaikan, kami mengucapkan Selamat Datang kepada Ketua Tim Penilaian Lomba Binter tingkat Pusat Kolonel Inf Riswanto beserta Rombongan di Makodim 1803/Fakfak,semoga dalam kegiatan ini dapat memberikan masukan serta bimbingan yang menjadikan Kodim kami lebih baik lagi kedepannya,” ucap Dandim.

Kolonel Inf Riswanto selaku Ketua Tim menjelaskan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk sejauh mana pelaksanaan Binter yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 1803/Fakfak
“Bagaimana implementasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan oleh Kodim, di sana nanti sampai sejauh mana persentasi yang disimpan disimpan,” terangnya.
Kegiatan ini juga untuk menciptakan suatu ketahanan rakyat, melalui program yang dilaksanakan oleh Forkopimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Dari situ kita bisa menilai bagaimana jalinan kerjasama dengan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya,” ujar Kolonel Inf Riswanto

Pelaksanaan juga, ada masalah terhadap Binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi Utama, Madya dan Pratama. Sedangkan tahun ini fenomena menjadi tiga klasifikasi. Klasifikasi A berada di kodim penyangga ibu kota dan tingkat provinsi, klasifikasi B merupakan Kodim yang berada di Kabupaten maupun kota serta klasifikasi C merupakan kodim yang ada di perbatasan maupun pulau terluar.

Lomba Binter tingkat pusat ini lanjutnya, dilaksanakan dua tahun sekali. Dimana katanya, masing-masing Kodam mempersiapkan dua Kodim untuk mengikuti perlombaan.
“Tujuan dibuat klasifikasi 3 jenis tersebut agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dan kemampuannya, karena jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi Kota yang menang,” tambahnya.

“Tentunya Kodim 1803/Fakfak ini adalah satuan komando kewilayahan yang bisa di andalkan oleh Pemda setempat dalam membantu masyarakat di sekelilingnya,”paparnya.
Kegiatan di masa pandemi ini sebutnya, pimpinan TNI AD sangat berharap keberadaan satuan Korwil sebagai insan teritorial harus bisa membantu masyarakat.
“Pertama tentunya Kodim memahami dengan Pemerintah maupun Polri untuk menekan seminimal mungkin terjadinya bahaya terpapar covid-19 dan menyadarkan masyarakat bahwa protokol kesehatan menjadi kebutuhan hidup saat ini,”paparnya.

Yang hadir dalam kesempatan itu, tim penilai yang terdiri dari Ketua Tim Kolonel Inf Riswanto (KetuanTim),Mayor Inf Endri Misnardi (Anggota Tim),Letkol Inf Doddy Yudha (Dandim 1803/Fakfak),Kaptem Inf Bonaji Djang (Pasilog Dim 1803/Fakfak) dan Para Batih.(IMM)

Share this page to Telegram

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *