Pendampingan dan Pelatihan BUMDES Oleh Pemprov Jatim di Desa Wisata Tirta Agung Sukosari

Bondowoso,MN Cakrawala-Pemprov Jawa Timur melalui Program Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Desa wisata Tirta Agung milik Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sukosari, Bondowoso. Sabtu, 29/5/2021.

Hal itu dilakukan guna memperluas dan memperkuat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 terhadap Desa Wisata.

Dalam kegiatan ini, PT HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo mensupport program Klinik BUMDes Jatim di Sukosari Kidul.

Setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan intensif selama 5 bulan, desa wisata Tirta Agung mulai bertranformasi. Mulai berhasil menciptakan produk kuliner, kawasan sport foto yang dinamai ‘Kala Senja’, hingga revitalisasi beberapa wahana wisata di dalamnya.

Kepala Dinas Permbedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, M. Yasin, optimistis Desa wisata Tirta Agung bisa naik kasta menjadi BUMDesa kategori maju. Karena itu, ia pun mengingatkan agar ke depan terus melakukan inovasi.

“Agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar,” jelasnya saat meresmikan produk wisata di Desa wisata Tirta Agung.

Sementara itu, Direktur Program Klinik BUMDesa Jatim Nova Haryanto mengatakan, upaya pemulihan ekonomi Desa Wisata Tirta Agung berlangsung sejak Januari 2021. Para pemangku wisata Tirta Agung mendapat pelatihan dan pendampingan intensif, baik secara online maupun ofline.

Nova Hariyanto menjelaskan, wisata di desa Tirta Agung menjadi salah satu dari empat wisata di empat kabupaten di Jawa Timur yang mendapat pelatihan, pendampingan, dan pemberian bantuan berupa sarana prasana untuk protokol kesehatan.

“Seperti tempat cuci tangan. Kemudian juga ada bantuan sejumlah tempat sampah,” ungkapnya.

Dengan pembenahan yang dilakukan, pihaknya berharap peningkatan ekonomi sektor periwisata Bondowoso dapat berpacu setelah sempat melemah akibat pandemi Covid-19.

“Semoga bisa menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat di Sukosari Kidul ini,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, Kepala DPMD Jatim bersama dan beberapa tamu undangan diberikan kesempatan menikmati spot ‘Kala Senja. Spot tersebut merupakan wahana andalan baru milik Tirta Agung yang belakangan mulai menjadi primadona wisatawan.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: