Masjid Al-Akbar Surabaya Siap Gelar Solat Ied Sesuai Prokes

Surabaya, MN CAKRAWALA -Usai melakukan kunjungan ke masjid Agung Al-Fattah Mojokerto, Forkopimda lanjut melakukan pengecekan Protokol Kesehatan di Masjid Al-Akbar Surabaya. Rabu (12/5/2021) guna memastikan kesiapan masjid sebelum di gunakan shalat Idul Fitri.

“Jadi referensi utama yang kita harapkan bisa diikuti oleh penyelenggara pelaksanaan shalat Idul Fitri di tempat yang lain,” imbaunya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, didampingi Pangdam V Walikota Brawijaya Jenderal TNI Suharyanto dan Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, serta Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko dan Pejabat Utama Polda Jatim.

Forkopimda Jatim memeriksa kesiapan prokes di masjid Al-Akbar dan mendengarkan pemaparan dari pengurus masjid, tentang pelaksanaan sholat di masjid Al-Akbar pada esok hari.

“Tutorial tadi sangat lengkap sekali, tidak hanya bergaul dengan pelaksanaan shalat, tapi bagaimana bangun pagi, bagaimana di rumah” dulu, membedakan bahwa hari ini sudah lebaran, tidak lagi kita berpuasa karena hari Tasyrik, tidak boleh justru orang yang berpuasa di hari Tasyrik di satu Syawal, “papar Gubernur Jatim.

Khofifah menghimbau kepada masyarakat yang melakukan sholat, untuk tidak terburu-buru karena sesuai keinginan kerumunan, bisa sampai masjid pukul 05.45 WIB.

“Titik-titik yang kemungkinan terjadi kerumunan, yang harus terantisipasi, termasuk di dalamnya ada kantong plastik untuk sandal dan sepatu yang di bawa, ditaruk di pinggir shof di mana mereka akan shalat. Pulang dibawa lagi sehingga tidak berkrumun,” pesannya.

“Nomor-nomor yang ada di 45 pintu itu mendukung distribusi jamaah bisa cepat, yang tidak berkrumun. Kemudian ada promter yang dapat mengingatkan khatib sudah berapa menit, karena maksimal khotib sepuluh menit. Sehingga semuanya bisa terukur termonitor,” imbuhnya Khofifah.

Forkopimda Jatim berharap, mudah-mudahan semuanya berjalan aman, lancar, khidmat, dan khusuk.

“Kita mohon melaksanakan salat ied di tempat terdekat dengan rumah mereka, apakah masjid atau lapangan,” pungkasnya Gubernur Jatim usai melakukan pengecekan di masjid Al-Akbar Surabaya, Bersama Forkopimda Jatim. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: