DOKTER MUTER, GENDANG MELAYU

Lumajang,MN Cakrawala-Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat merupakan tanggung jawab petugas Kesehatan di lingkungan wilayah masing masing, hal ini menggugah para petugas kesehatan di Puskesmas Tunjung, Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang untuk meningkatkan pelayanannya dengan mengadakan kegiatan Dokter Muter Gendang Melayu (Gerakan Tenaga Kesehatan Datang Ke Desa Melaksanakan Pelayanan Kesehatan Terpadu) di Wilayah Kerja Puskesmas Tunjung tahun 2021, kegitan ini dilakukan di Dusun Tong Maling, Desa Ranulogong kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Kegaiatan ini di hadiri oleh Kepala Desa Ranulogong Bapak Hasan Basri, SH Kepala Puskesmas Tunjung Bapak Siswanto dan Bidan Desa serta undangan yaitu masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tunjung yang sulit terjangkau pelayanan kesehatan hari ini Selasa tanggal 4/5/2021

Kepala Desa Ranulogong Bapak Hasan Basri,SH mengungkapkan kepada Cakrawala .net Dokter Muter Gendang Melayu sebenarnya merupakan kepanjangan dari Tenaga Kesehatan Datang Ke Desa melaksanakan Pelayanan kesehatan Terpada di Wilayah Kerja khususnyadi wilayah kerja Puskesmas Tunjung, Maksud dan tujuannya yakni 1. Memberikan sosialisasi 2. Memberikan obat atau memberikan ya semacam penanganan kesehatan yang ada diwilayah Puskesmas Tunjung, ini merupakan program dan Puskesmas Tunjung “Paparnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa berharap Semoga ini tetap berjalan terus karena ini dampaknya sangat positif bisa membantu warga kami yang tidak mampu untuk berobat. Kegitan dilakukan sesuai Protokol kesehatan tidak antri artinnya secara bergantian dan pelaksanaannya ini memang jam kerja “Ujarnya”.

Kepala Puskesmas Tunjung Bapak Siswanto menuturkan kepada awak media kegiatan ini tujuannya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dilatar belakangi dengan banyaknya program kunjungan ke Puskesmas yang tidak tercapai dengan alasan jarak antara rumah penduduk dengan Puskesmas jauh yang kedua karena aksesnya kurang mendukung, banyak jalan yang membuat masyarakat malas untuk ke Puskesmas. Masalah – masalah itu difasilitasi oleh temen-temen di Puskesmas Tunjung dengan kegiatan Dokter Muter yang tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, jenis pelayanannya sama dengan yang di Puskesmas, ada pemeriksaan umum, laborat, ada pemeriksaan gizi, ada konsultasi Asman Toga, semua kegiatan sama di Puskesmas, ada pemeriksaan USG untuk ibu hamil, ada pemeriksaan gigi yang di tunjang dengan mobil kesehatan Dokter Muter dari Kabupaten. Setiap ada kegiatan Dokter Muter pasti ada mobil Dentauker dari kabupaten yang mendukung pemeriksaan ini dan biayanya gratis semua untuk masyarakat. Masyarakat yang rawan atau rentan sakit terutama di daerah-daerah yang terpencil, yang mengundang kita biasaynya berkordinasi dengan desa, desa melalui RT / RW melalui kader, mereka mengundan masyarakat untuk dating di kegiatan Dokter Muter.

Dimasa pandemic Covid-19 Dokter Muter tetep melakukan Protokol Kesehatan dengan pake masker, yang di undang itu ya kita koordinirkan biasanya blok A jam sekian, blok B beda jam , artinyaa ada pembagian sehingga tidak datang berkerumun, seperti itu yang kita lakukan selama ini pada saat pandemi. Kami berharap semua masyarakat bisa terlayani oleh kesehatan, tidak ada masayakat yang tidak terlayani terutaman masayakat miskin, wajib hukumnya melayani masyarakat tersebut. Untuk cakupan wilayahnya Puskesmas Tunjung mencakup Desa Tunjung, Desa Gedanmas , Desa Kalipenggung dan Desa Ranulogong “Ungkapnya”.

Reporter : M Hadi / Muksin A

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.