Sebelas Positif Covid-19 dari Lapas Klas IIA Jember

Jember , MN Cakrawala -Data Pantauan dan Peta Sebaran Covid-19 yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Jember pada Sabtu 24 April 2021 menyebutkan terjadi peningkatan dari 4 kasus menjadi 15 kasus konfirmasi, 11 diantaranya adalah dari kecamatan Patrang. Ternyata kasus-kasus tersebut adalah hasil tracing dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember.

Informasi tersebut meneruskan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember yang dirilis, Minggu (25/4/2021) pukul 10.51.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Jember mendapatkan informasi bahwa salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas tengah dirawat di RSUD dr Soebandi dengan hasil swab Positif Covid-19. Setelah itu Dinas Kesehatan menugaskan kepada Puskesmas setempat yakni Puskesmas Patrang untuk melakukan tracing dan pengambilan spesimen swab dari kontak erat pasien di Lapas Jember.

Dalam rilis itu disebutkan, pada tanggal 20 dan 21 April 2021 dilakukan pengambilan swab kepada 36 kontak erat yang merupakan WBP dan petugas Lapas Jember. Dari 36 orang tersebut hasil swab 12 diantaranya adalah Positif covid-19. Saat ini WBP yang positif covid-19 telah dipindahkan ke ruang isolasi khusus.

Kalapas mengambil kebijakan, demi memutus rantai penularan di dalam Lapas, maka Lapas Jember menerapkan kebijakan untuk meniadakan kunjungan selama 2 minggu.

Upaya-upaya penanganan atas temuan positif covid-19 di Lapas, pertama kamar yg khusus positif sudah tersedia kamar mandi di dalam. Kedua masker sudah disediakan pihak kesehatan lapas, dan masing-masing napi tahanan sudah memiliki masker. Ketiga sabun cuci tangan juga sudah disediakan pihak lapas. Keempat penyemprotan desinfektan juga dilakukan. Kelima tambahan vitamin juga disediakan pihak lapas.

Sementara dokter Lapas Jember, dr Diana, saat dikonfirmasi tidak bersedia mengangkat telepon dan pesan singkat lewat WhatsApp dari Awak media tidak dijawab.(agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: