TANAH LONGSOR PUTUSKAN JEMBATAN ANDONOSARI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN.

PASURUAN, MN CAKRAWALA – Sebuah kandang sapi dan jembatan di wilayah Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (27/2/2021) sekira pukul 16:00 WIB

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam tanah longsor tersebut.Namun, selain merusak kandang, longsor juga memutuskan satu-satunya jembatan yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk beraktivitas.

Adapun longsor di andonosari terjadi di dua titik,pertama di pedukuhan Besuki di situ longsor menyapu salah satu kandang sapi milik sumardi, kedua di pedukuhan Sekar kuning yang merusak jembatan sehingga aktifitas warga tersendat untuk menuju ke pasar dan aktifitas lainya,”ujar Antok selaku kepala desa andonosari.

sejauh ini laporan kerusakan hanya terjadi di kandang sapi saja dan jembatan yang putus, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut,

“Nasib baik masih berpihak ke pak Sumardi yang pada waktu itu berada dalam kandang untuk memberikan makan sapi-sapi miliknya.singkat kata Sumardi bergegas dan berusaha keluar dari materialan longsor. Alkhamdulillah dia berhasil keluar, termasuk sapi-sapi miliknya,”Ujar Antok.

Kendati demikian, Sumardi sempat mengalami shock lemas paska kejadian yang dia alami tersebut, melihat hal tersebut warga bergegas menolong Sumardi dan dia harus dibopong dan dituntun meninggalkan lokasi kejadian itu.

“Sumardi dan empat sapinya selamat. Dan alkhamdulillah, untuk kondisi Sumardi sudah sedikit membaik. Sudah ada banyak perubahan dibandingkan paska kejadian longsor,”infonya.

Di sisi lain jembatan yang terputus . Itu adalah satu-satunya jembatan yang biasa digunakan masyarakat pedukuhan Sekarkuning untuk beraktivitas. Mulai ke sawah, pasar dan aktifitas lainya.

Selain itu, longsor juga terjadi di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, tepatnya jalur Wonokitri – Podokoyo menuju wisata Gunung Bromo. Jalur ini tertutup material longsor.

Dan untuk sementara waktu kendaraan tidak bisa melintas ke Gunung Bromo melewati jalur ini. Meskipun demikian, Pemkab Pasuruan sedang berusaha membersihkan materialan longsor tersebut supaya jalan bisa di lalui kembali dan di manfaatkan kembali oleh masyarakat dan berharap agar tidak ada lagi longsor kembali ucap warga.”(yah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: