Harga Tong Sampah Fiberglass di MBE Capai 1.842.911 Perunit

Musi Rawas Utara,MN Cakrawala-Sungguh harga yang pantastis untuk sebuah pengadaan tong sampah fiberglass single di Desa Muara Batang Empu (MBE), Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara yang mencapai 1.842.911 rupiah perunitnya.

Harga tersebut diketahui dari hasil penelusuran Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Muratara langsung ke Kepala Desanya yang bernama Budi Iswandi kerumahnya. Jumat (12/2/2020)

Dimana salah satu kegiatan dalam laporan APBDES Desa Muara Batang Empu, Kecamatan Karang Jaya ke Kementrian Desa pada tahun 2020 terdapat pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Pengelolaan Sampah Desa/Pemukiman (Penampung Bank Sampah, dll)**  dengan total anggaran sebesar Rp. 248.793.000; (Dua ratus empat puluh delapan juta tujuh ratus sembilan puluh tiga ribu rupiah) yang berasal dari Dana Desa (DD).

Kades mengaku, jika APBDES tahun 2020 sudah terealisasi 100 persen.

Saat ditanya mengenai berapa harga tong sampah, Kades mengatakan kalau kalian (BPI dan Team) menanyakan harganya berarti kalian sudah menyudutkan dirinya

“Kita beli tong sampahnya di Palembang, hitung saja harganya dari 248.793.000 rupiah dibagi 135 unit, nanti dapat hasilnya dan kita beli juga sudah sesuai dengan RABnya,”Kata Kades saat dikonfirmasi

Budi menjelaskan, didalam RABnya tersebut ada juga untuk beli semen, beli pasir dan beli koral serta untuk upah tukangnya.

“Belum lagi kita dikenakan pajak galian C”.Bebernya

Sementara itu Ketua BPI KPNPA RI Muratara, Muhammad Betan mengatakan dari penjelasan Kades tersebut dirinya menduga jika harga tong sampah tersebut terjadi Mark up oleh Kades Muara Batang Empu.

“Dari 248.793.000 dibagi 135 unit didapat 1.842.911, artinya harga tong sampah tersebut satu unit sebesar 1.842.911 rupiah. Sedangkan harga yang kita dapatkan untuk satu unitnya baik bertanya maupun melalui browsing keinternet harganya paling mahal 600 ribu rupiah untuk tong sampah yang single (Satu unit)”. Kata Muhammad Betan

Menurut perhitungannya, harga tong sampah untuk satu unitnya tidak lebih dari satu juta rupiah.

“Dari hasil penelusuran kita ke lapangan, untuk nyemen tong sampah itu tidak habis biaya 200 ribu untuk satu unitnya karna kita sudah melihatnya sendiri,”Bebernya.

Selain itu kata Ketua BPI, ada lagi Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Jamban Umum/MCK umum ditahun 2019 senilai Rp.858.350.000; (Delapan ratus lima puluh delapan juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah.

“Kita sudah mendapatkan informasi dari warga MBE bahwa mereka dapat bantuan untuk MCK tersebut berupa uang tunai sebesar 700 ribu rupiah, semen 4 sak, papan 2 keping, batu bata 1000 buah dan closet 1 buah.


Ketua BPI menduga jika dalam kegiatan pengadaan tong sampah fiberglass single dan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Fasilitas Jamban Umum/MCK umum dll ini terjadi Mark up hingga ratusan juta rupiah oleh oknum Kadesnya.

“Belum lagi pada kegiatan kegiatan lainnya. Masalah ini akan kami tindaklanjuti sampai ke aparat penegak hukum (APH) ,”Tegasnya (Asropil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: