MENCICIPI CITARASA KOPI UNGGULAN DARI RPH SUKOREJO RPH SUKOREJO BKPH SUKOSARI KECAMATAN SUMBER WRINGIN

  • Whatsapp

BONDOWOSO, MN Cakrawala- Seperti kita ketahui bondowoso banyak mempunyai lahan tanaman kopi Yang mempuyai potensi dan nilai ekonomi besar jika di kelola dan diolah dengan semaksimal mungkin dan tentunya dapat mendukung perekonomian masyarakat petani kopi di sekitar wilayah bondowoso.

Jumat 5 Februari 2021 tim media ini mampir di Lesehan Rimba Cofe pinggir jalan arah puncak wisata kawah ijen dan kawah wurung tepatnya di areal RPH Sukorejo BKPH Sukosari Kecamatan Sumber Wringin.

Read More

EKO HARIANTO selaku KRPH Sukorejo saat dikonfirmasi oleh tim Media mengatakan ada beberapa jenis kopi Yang ditanam warga namun Yang paling banyak diminati oleh penikmat kopi adalah jenis Kopi ARABICA bahkan jenis kopi hasil produksi petani Sukorejo sudah dipasarkan di pasar lokal dan nasional Bahkan tembus pasar International atau Exspor ke luar negeri.

Masih menurut Eko Harianto dirinya bersama TK Tunas Rimba dan LMDH Sukorejo Makmur juga Pihak Perhutani masih merintis untuk mendapatkan label pengolahan kopi dari daerah sukorejo dan sekitarnya dan berkeinginan akan membentuk Koperasi Yang akan menaungi para petani kopi.

Disinggung tentang cita rasa kopi Arabica Menjelaskan dari satu jenis kopi saja bisa menjadi beberapa Cita rasa contoh ada Rasa Natural dengan Cita rasa agak Kecut dan Blue Java dan Full Wash dengan cita rasa Pahit tergantung dari cara pengolahan atau proses nya.

Dari tekstur kopi dapat kita lihat yaitu Natural OC bertesktur Coklat tua dan Blue Java Bertekstur agak kebiruan sedangkan Full Wash bertekstur coklat agak muda dan mempuyaii ciri khas cita rasa Yang berbeda.

Saat ditanyai tentang harapan dan tujuan merintis Label pengolahan Kopi dan keinginan membentuk koperasi menjelaskan untuk meningkatkan nilai jual produk kopi dari daerah sukorejo dan sekitarnya karena jika pengolahan biji kopi bisa maksimal meningkatkan harga dan dapat bersaing dipasaran nasional bahkan internasional Yang tentunya hal ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan perekonomiannya sebab kopi mempuyai nilai ekonomis Yang tinggi jika standart pengolahannya maksimal dan nantinya dengan adanya koperasi dapat menjadi wadah para petani untuk meningkatkan juga diharapkan dapat membantu kebutuhan petani kopi melalui koperasi yang akan dibentuk pungkasnya sambil tersenyum saat diminta oleh waktu Media Cakrawala. (Merah) Share this page to Telegram

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *