Antusiasme Warga Tugusari Mengikuti Penyuluhan PTSL Oleh BPN Jember Di Desa Bangsalsari

  • Whatsapp

Jember, MN Cakrawala -Badan Pertanahan Jember (BPN) bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Bangsalsari melaksanakan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) di kantor desa Bangsalsari. Jum’at siang 22/01/2021.

Hadir dalam serangkaian kegiatan penyuluhan PTSL antara lain:
BPN Jember yang diwakili oleh Bapak Zainal dan Bapak Khoirul, Kades Bangsalsari Ir. H. Nurkholis, Danramil Bangsalsari Bpk Ainul Yaqin, Kapolsek Bangsalsari AKP I Putu Gede, BPD, Pokmas PTSL dan tokoh masyarakat Bangsalsari serta warga Tugusari.

Read More

Kades Bangsalsari Ir.H.Nurkholis dalam sambutannya, mengajak masyarakat desa Bangsalsari untuk mensukseskan program PTSL dimana diantara 11 desa yang ada di Kecamatan Bangsalsari hanya Desa Bangsalsari yang melaksanakan program PTSL.

Menanggapi pertanyaan tokoh pemuda desa Tugusari, Bapak Bahrudin, kenapa hanya desa Bangsalsari yang melaksanakan program PTSL??. Kades Bangsalsari menjelaskan sebagai mantan birokrat/PNS saya pro aktif menjemput bola ke BPN untuk berjuang demi kepentingan masyarakat dengan niatan ibadah.

Warga Tugusari Ikut Penyuluhan PTSL Di Desa Bangsalsari
Kalau ingin kaya janganlah jadi kepala desa dan saya berharap kepada Pokmas jangan berpikiran untuk mencari untung dalam kegiatan PTSL. Saya berharap nantinya kepada Kades terpilih Desa Tugusari bisa meniru apa yang dilakukan kades Bangsalsari.” Ungkap Kades Bangsalsari Ir.H Nurholis.

Terkait dengan biaya program PTSL, Kepala Desa Bangsalsari Ir.H.Nurholis pada Jurnalis LN mengatakan Regulasi Perpres Maximal Rp 500.000 sedangkan untuk Perdes Bangsalsari biaya dana Pra Program PTSL sebesar Rp 350.000.

Bahrudin Tokoh Desa Tugusari
Dalam sambutannya Polres Jember yang diwakili Kapolsek Bangsalsari Bapak AKP I Putu Gede mengatakan sertifikat itu mempunyai kekuatan legalitas hukum yang kuat, dan masyarakat Bangsalsari agar tidak percaya dengan adanya berita hoax terkait PTSL.

Kepolisian siap menindaklanjuti kalau ada yang berniat untuk tidak mensukseskan PTSL dengan isu pungli dengan biaya penarikan dana yang sudah diperdeskan.

Sementara itu Ketua Pokmas PTSL Desa Bangsalsari Bapak H. Abdullah, SH saat dihubungi jurnalis LN melalui telpon seluler menjawab biar Kades saja yang menjawab karena Perdes PTSL sudah dibuat.

diwakili Bapak Khoirul juga merespon semangat tokoh pemuda Desa Tugusari, hanya kades Bangsalsari yang berkehendak dan mengusulkan PTSL ke BPN. Hanya kades yang tahu kepentingan rakyatnya yang mau berjuang untuk desanya.” Ungkap Bapak Khoirul.

Terkait penyelesaian sertifikat PTSL 2020, ditentukan oleh Anggaran Negara, target 2020 sejumlah 55.000 sertifikat, BPN mengkalkulasi dari beberapa kades yang mengusulkan lalu dihitung DHKP tiap desa lalu ditetapkanlah desa itu setelah mencukupi 55.000.

Bapak Khoirul BPN Jember
setelah memperhitungkan potensi tiap desa. Salah satu kesiapan desa, Bangsalsari siap melaksanakan PTSL sehingga kepala BPN mengeluarkan SK Desa Bangsalsari sebagai lokasi PTSL 2020 sedang 10 desa lain tidak ada respon.

Semoga kades terpilih Desa Tugusari setelah habis tahun anggaran 2021 segera membuat surat pada BPN memohon untuk ditetapkan sebagai Desa pelaksana program PTSL 2022.” Ungkap Bpk Khoirul yang disambut antusias Relawan Perubahan Desa Tugusari yang menginginkan Ahmat Khoiri jadi Kades Tugusari. (Team) Share this page to Telegram

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *