DI DUGA PENANGGUNG JAWAB LAPANGAN PENGERJAAN MILIK DINAS PU BERSIKAP AROGAN DAN LECEHKAN WARTAWAN

  • Whatsapp

Pasuruan, MN Cakrawala- Terkait dengan insiden menimpa anggota lembga swadya masyarakat (LSM) Suropati dan Wartawan indoglobe news saat klarifikasi berita yang di duga telah diunggah oleh pelaksana lapangan yang melakukan pembagunan drainase / gorong-gorong di dusun bakalan RT, 005 desa gajahrejo kecamatan purwodadi kabupaten pasuruan yang berinisial saipol. Dan saya Penasehat Hukum Media Nasional Cakrawala selaku patner media dan LSM angkat bicara.

Apa yang diucapkan oleh saipol selaku penanggung jawab dr.cv.insan mulia dan cv.rancang bumi mulia di lapangan sudah kelewat batas, bukannya memberikan jawaban yang malah melontarkan ungkapan-ungkapan yang tidak etis, ”kepada muyadi anggota LSM Suropati dan nasor Wartawan berita indoglobe .

Read More

Kami akan berkordinasi dengan para ketua LSM dan Pimpinan redaksi untuk menindak lanjuti masalah ini, dan akan memanggil saudara saipol selaku penanggung jawab pengerjan proyek milik dinas pekerjan umum bina marga untuk dimintai keterangan lebih detail atas prilaku yang menimpa anggota LSM Suropati dan wartawan berita indoglobe. yang di lakukan oleh saipol dan Kami akan menentukan langkah selanjutnya, ”papar,” penasehat hukum Media Nasional cakrawala.

Sementara itu Pimpinan Media berita indoglobe. Yang akrap sebutan nya bang A’ak berkata, ”jawaban klarifikasi di lapangan yang di lontarkan oknum sangat tidak pantas untuk dilakukan, Harusnya sebagai penanggung jawab lapangan dan sekaligus sebagai konsultan lapanga dia memahami tugasnya. Apalagi yang melakukan konfirmasi untuk meminta keterangan adalah seorang wartawan yang lagi melakukan tugas jurnalisnya sebagai pengemban UU Pers dan UU keterbukaan Publik.

Bukti rekaman dan ungkapan ungkapan seakan menantang tugas wartawan, laporan dari patner wartawan saya dan anggota LSM Suropati sudah saya, di sana tidak ada pemerasan atau intimidasi yang bersifat ancaman pemberitaan, wartawan kami melakukan konfirmasi biasa meminta keterangan terkait pengerja’an tapi justru mendapat balasan kalimat yang kurang pantas dan seakan melecehkan katanya sudah keterlaluan, ” 

Pada pertanggungjawaban Pers atau wartawan merupakan Pilar ke empat Demokrasi setelah ekskutif, legislatif, dan yudikatif. Walaupun berada di luar politik formal namun keberadaan Pers / Wartawan memiliki posisi strategis dalam massa media informasi, pendidikan sekaligus menjadi alat kontrol sosial, yang melaksanakan kegiatan dan itu seharusnya dipahami.

Namun karena ini saya rasa sudah tergantung pada pelecehan profesi untuk fakta hukumnya apakah ini sudah masuk ketindak pidana pencemaran nama baik dengan Pasal 310 ayat (1) KUHP, pencemaran nama baik diartikan sebagai perbuatan menghormati atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang Informasi yang diketahui umum atau masuk ke rana ITE sebagai mana yang di maksud pasal 45 ayat 3 UU No.19 th 2016 tentang perubahan atas UU No.11tahun 2008 tentang ITE. (Muslim AM) Share this page to Telegram

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *